Minggu, 06 Oktober 2013

Anwari

Tangkisan Karate (Uke)

Karate : Gerakan Tangkisan Karate (Uke)


nah, pada materi karate ini saya akan mengajarkan tangkisan pada seni bela diri karate, pada seni bela diri karate tangkisan merupakan Uke. Tangkisan merupakan pertahanan beladiri untuk menahan serangan lawan, dalam seni bela diri karate ada beberapa jenis/varian tangkisan, mari saya jelaskan satu persatu!

1. Age Uke/Jodan Uke

merupakan tangkisan untuk menahan serangan yang mengarah pada bagian atas tubuh yaitu kepala, teknik ini juga bisa divariasikan untuk menyerang bagian dagu atau leher lawan.

2. Uchi Uke
merupakan tangkisan untuk menahan serangan ke arah dada, perut, kepala. Teknik tangkisan ini hampir sama dengan teknik tangkisan Ude Uke, yang membedakan hanyalah cara pengambilannya. Teknik Uchi Uke merupakan teknik tangkisan yang pengambilannya dari ketiak, artinya tangkisan ini merupakan tangkisan keluar.

3. Ude Uke
tangkisan yang sama dengan uchi uke, untuk menahan serangan yang mengarah ke arah perut, dada, kepala. Yang membedakan dengan tangkisan uchi uke adalah cara pengambilannya, cara pengambilan tangkisan ini adalah dari kepala.

4. Gedan Barai
merupakan tangkisan bawah, fungsinya untuk menahan serangan yang mengarah ke arah kaki, perut. Biasanya tangkisan ini menahan serangan tendangan Mae Geri, cara pengambilan tangkisan ini dari kepala.

0 Komentar:

Posting Komentar