Selasa, 08 Oktober 2013

Anwari

Elektronika Digital

- Pengertian Elektronika Digital

Elektronika Digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital. Signal digital didasarkan pada signal yang bersifat terputus putus, biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan dan Notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yan paling udah untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu, ketika kita menekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1dan ketika menekan OFF maka akan dinotasikan 0 karena tidak ada hubungan arus.

- Gerbang Logika
Elektronika digital tersusun dari apa yang disebut sebagai gerbang logika. Gerbang Logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan output yang tunggal. Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip - prinsip aljabar boolean. Dasar pembentukan Gerbang Logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran yaitu AND, OR, NOT. Berikut adalah tabel - tabel dan bentuk gerbang logikanya.

1. Gerbang Logika AND
Gerbang AND merupakan jenis gerbang digital Output 1 jika kedua Inputnya 1
Gerbang AND : Output 1 jika kedua Input 1

2. Gerbang Logika OR
 
Gerbang OR artinya gerbang logika yang Outputnya 1 jika salah satu  atau seluruh inputnya 1
Gerbang OR : Output 1 jika salah satu atau kedua Input 1

3. Gerbang Logika NOT
Jenis rangkaian digital dasar yang lain adalah Gerbang NOT, gerbang NOT ini disebut pembalik, Gerbang NOT bekerja membalik sinyal masukan, jika masukan rendah, maka keluarannya tinggi, begitupun sebaliknya.
Gerbang NOT : Output 1 jika input bernilai 0 begitu sebaliknya

Selain bentuk dasar diatas, beberapa bentuk yang merupakan turunan dari bentuk dasar juga penting diketahui, yaitu Gerbang Logika NAND, NOR, XOR

1. Gerbang Logika NAND
Gerbang NAND merupakan gerbang kombinasi dari Gerbang NOT dan Gerbang AND, Gerbang NAND Output nya akan 0 jika kedua Inputnya 1.
Gerbang NAND : Output 0  jika kedua Input 1

2. Gerbang Logika NOR
Gerbang kombinasi dari Gerbang NOT dan Gerbang OR,  Output Gerbang NOR akan 1 apabila kedua Inputnya 0
Gerbang NOR : Output 1 jika kedua input 0

3. Gerbang Logika XOR

Gerbang Ex - OR (dari kata Exclusive OR) akan memberikan Output 1 jika kedua Inputnya berbeda.
Gerbang XOR : Output 1 jika kedua Input berbeda
 

0 Komentar:

Posting Komentar