Minggu, 06 Oktober 2013

Anwari

Pukulan Karate (Tzuki)

Karate : Serangan Tangan (Tzuki)

ok teman teman, karena saya seorang karateka saya akan mengajarkan anda tentang Pukulan Tangan dalam karate, yuk langsung belajar, Bismillah...

1. Oi - Tsuki

pukulan ini merupakan pukulan dasar dalam karate, serangan tangan ini bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Oi - Tsuki bisa dilakukan dengan berbagai bentuk kuda - kuda, selain itu oi tsuki juga banyak digunakan dalam gerakan Kata, Kumite. Oi Tsuki sangat penting dalam bentuk paling dasar yaitu mengembangkan rotasi pinggul. Ada beberapa macam pukulan oi -tsuki diantaranya :
a. Oi - Tsuki Jodan
oi tsuki jodan merupakan pukulan arah muka

b. Oi - Tsuki Chudan
oi tsuki chudan merupakan pukulan arah dada/perut

c. Oi - Tsuki Gedan
oi tsuki gedan merupakan pukulan arah bawah/kemaluan

2. Nukite
Secara harfiah Nukite artinya Tangan Menusuk, Tangan Tombak. Serangan tangan ini menyerang pada bagian ulu hati, leher

3. Uraken
Uraken merupakan teknik pukulan tercepat, karena seperti gerakan mencambuk, serangan tangan ini menyerang bagian wajah seperti hidung, pelipis,bibir.

4. Empi
Empi merupakan serangan siku, serangan ini dipergunakan untuk serangan jarak dekat karena menggunkan siku tangan.

5. Kizami
Serangan ini merupakan salah satu serangan paling dasar, hal ini tidak lebih dari pukulan jab dalam tinju yang di luncurkan dari sisi depan. Pukulan ini bisa dijadikan sebagai pukulan pemancing selain itu juga serangan ini dapat digunakan untuk membuka/mengkombinasikan serangan lanjutan. Serangan ini dominan mengarah wajah.

6. Haito
Haito merupakan punggungan tangan, serangan ini sangat kuat, tetapi mudah untuk ditangkis, serangan sangat berguna jika musuh dalam keadaan lengah, atau kita berada dibelakang musuh, serangan ini menyerang bagian leher.

Nah itulah ilmu dari saya tentang gerakan pukulan karate, jika ada yang erlu ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar.. wassalam.

0 Komentar:

Posting Komentar