Senin, 21 Oktober 2013

Anwari

Menghilangkan Sudo Password Untuk Perintah Tertentu

Linux Ubuntu : Menghilangkan Sudo Password Untuk Perintah apt-get

anda bosan atau kesal saat mengetikkan perintah sudo apt-get update lalu disuruh memasukkan password, saya punya solusinya, penasaran???yuk praktekkin!!!

Tahap 1 : buka terminal anda tekan CTRL + ALT + T, lalu ketikkan sudo visudo


dan akan muncul tampilan sebagai berikut

Tahap 2 : tambahkan kode Defaults editor=/usr/bin/gedit dibawah kode Defaults env_reset

jika sudah tekan CTRL + O untuk menyimpan kemudian tekan Enter, lalu tekan CTRL + X untuk keluar

Tahap 3 : ketik sudo visudo lagi pada terminal untuk memastikan anda telah pindah teks editor, lalu tambahkan syntax anwari muhammad-anwari=NOPASSWD: /usr/bin/apt-get

ket :
anwari (user komputer saya, jika user komputer anda grandong, maka tulis grandong)
muhammad-anwari (nama komputer anda)
NOPASSWD (kode untuk menonaktifkan password)
/usr/bin/apt-get (folder tempat apt-get disimpan)

Tahap 4 : sesudah kita menambahkan kode, klik Save lalu keluar, kemudian coba anda masukkan perintah sudo apt-get update, dan lihat hasilnya!!!

7 Komentar:

setelah ketik sudo visudo ko g mncul terusannya bang,,? itu knapa y klo bleh tw. trimakasih sblumnya

gan, ane mau nanya, ane pake xubuntu 16.04, trus ane pasang pantheon greeter, lah abis pasang itu, buka terminal trus login su, kok password nya keliatan yah gan, keliatan cuma *** gitu, ada yang bisa bantu ngilanginnya ngga gan ?

Itu asli ga sih punya syaa juga mengalami kaya gitu yang sudah terbukti siapa?????

Broo mohon dong kenapa bisa ngalami kaya gitu ya

cocok nih mas bro buat custom app startup ane.. makasih infonya

Posting Komentar