Selasa, 16 September 2014

Anwari

Teknologi Informasi dan Komunikasi II

Bidang - Bidang Teknologi Informasi


Teknologi informasi saat ini telah menjadi sebuah cabang ilmu pengetahuan yang sangat luas jangkauannya. Bidang ilmu teknologi informasi tidak hanya berpijak pada satu bidang ilmu saja, tetapi berpijak pada banyak sekali pada bidang yang lain, yaitu seperti bidang ilmu matematika, ilmu komputer, perangkat keras, perangkat lunak, dan lain-lain.

1. Matematika Dasar
Bidang ilmu ini merupakan dasar dari ilmu informatika. Beberapa bidang ilmu matematika yang mendasari teknologi informasi adalah :
a) Aljabar boolean, merupakan ilmu aljabar yang mengoperasikan bilangan logika 1 dan 0 atau YA dan TIDAK.
b) Matematika diskrit, merupakan ilmu matematika yang mendasarkan pada model bilangan diskrit yang merupakan lawan dari model kontinyu.
c) Teori graf, merupakan ilmu yang mempelajarai tentang graf.
d) Logika matematika, merupakan ilmu yang mempelajari tentang relasi antara satu entitas dengan entitas yang lain.
e) Peluang dan statistik, merupakan ilmu yang mempelajari tentang teori peluang dan statistik.
f) Teori informasi, merupakan ilmu matematika yang mempelajari tentang komunikasi data dan penyimpanannya, termasuk di dalamnya tentang koreksi kesalahan data, kompresi data.

2. Teori Ilmu Komputer
     Bidang ilmu ini merupakan dasar dari perkembangan teknologi informasi. Beberapa bidang ilmu komputer yang mendasari teknologi informasi adalah:
a) Teori algoritma, merupakan ilmu yang mempelajari tentang algoritma dan penerapannya.
b) Teori komputasi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik
pemecahan masalah dengan algoritma.
c) Kriptografi, merupakan bidang ilmu matematika yang mempelajari tentang teknik pengamanan data.
d) Teori bahasa formal, merupakan ilmu yang mempelajarai teknik-teknik dalam penulisan dan penerapan algoritma.
e) Kompleksitas algoritma, merupakan ilmu yang mempelajari tentang perhitungan kompleksitas
dari algoritma.

3. Perangkat Keras
     Bidang ilmu ini merupakan pendukung dari berkembangnya perangkat keras secara umum. Beberapa bidang perangkat keras yang mendasari teknologi informasi adalah:
a) Struktur kontrol dan microprogramming, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik kontrol dan pemrograman dengan mikroprosesor atau mikrokontroller.
b) Struktur aritmatika dan logika, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik perhitungan aritmatika dan logika pada mikroprosesor.
c) Struktur memori, merupakan bidang ilmu yang mempelajari struktur penyimpanan dan pengaksesan data pada memori.
d) Komunikasi data, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik pengiriman, transmisi, dan penerimaan data.
e) Desain logika, merupakan bidang ilmu untuk mempelajari teknik desain logika dengan gerbang-gerbang logika.
f) Integrated circuit dan desain VLSI, merupakan bidang ilmu yang menerapkan desain logika pada IC maupun VLSI (Very Large Scale IC).

4. Organisasi Sistem Komputer
     Bidang ilmu ini lebih khusus mempelajari tentang perangkat keras komputer dan penerapan ilmu perangkat keras pada komputer. Beberapa bidang ilmu organisasi sistem komputer adalah:
a) Arsitektur komputer, merupakan ilmu yang mempelajari tentang arsitektur perangkat keras pada sistem komputer.
b) Jaringan komputer, merupakan ilmu yang mempelajari teknologi komunikasi data dengan menggunakan sistem komputer.
c) Performa sistem, merupakan bidang yang mempelajari pengukuran kinerja dari suatu sistem komputer.

5. Perangkat Lunak
     Bidang ilmu ini lebih khusus mempelajari tentang perangkat lunak komputer yang merupakan kumpulan instruksi-instruksi yang dijalankan oleh sistem komputer. Beberapa bidang ilmu perangkat lunak sistem komputer adalah:
a) Pemrograman komputer, merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara mengimplementasikan algoritma menjadi program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Jenis-jenis pemrograman terdapat beberapa macam, seperti pemrograman fungsional, pemrograman prosedural, pemrograman berorientasi objek, pemrograman konkuren, pemrograman paralel, dll.
b) Teknik pemrograman, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik dalam pengembangan program komputer.
c) Rekayasa perangkat lunak, merupakan bidang ilmu yang mempelajari langkah-langkah dalam mengembangkan perangkat lunak, mulai dari awal sampai proses akhir publikasi perangkat lunak. Termasuk di dalamnya melakukan analisis, desain, dokumentasi, pengujian, pemeliharaan.
d) Bahasa pemrograman, merupakan bidang ilmu yang mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman, termasuk sintaks, kelebihan, dan karakteristiknya. Jenis-jenis bahasa pemrograman adalah Pascal, Fortran, Basic, C, Java, MySQL.
e) Sistem operasi, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik dalam sistem operasi komputer, seperti manajemen memori, manajemen proses, manajemen user, dll. Jenis-jenis sistem operasi saat ini adalah Windows, Linux, MacOS, Solaris.
f) Teknik kompilator, merupakan bidang ilmu yang mempelajari cara menginterpretasi rangkaian instruksi program menjadi instruksi yang dimengerti oleh komputer. Proses merubah sebuah teks program menjadi program yang dapat dieksekusi komputer adalah proses kompilasi.

6. Sistem Data dan Informasi
     Bidang ini secara lebih khusus mempelajari teknik-teknik dalam pengolahan data dan informasi. Beberapa bidang yang mencakup sistem data dan informasi adalah:
a) Struktur data, merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik penyimpanan dan pengaksesan data pada program komputer.
b) Representasi penyimpanan data, merupakan bidang ilmu yang mempelajari representasi dari penyimpanan data atau file pada suatu media penyimpanan atau memori.
c) Sistem informasi, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang pemrosesan informasi agar dapat diolah dan dimanfaatkan secara efektif dan cepat.

7. Metodologi Komputerisasi
     Bidang ilmu ini lebih khusus mempelajari tentang penerapan komputer dan teknologi informasi dalam kehidupan nyata. Beberapa bidang ilmu meotodologi komputerisasi adalah:
a) Kecerdasan buatan, merupakan ilmu yang mempelajari tentang rekayasa komputer agar memiliki kemampuan berpikir seperti manusia.
b) Grafika komputer, merupakan ilmu yang mempelajari rekayasa grafik dalam komputer.
c) Pengolahan citra, merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik manipulasi dan rekayasa citra digital.
d) Pemodelan dan simulasi, merupakan ilmu yang mempelajari teknik-teknik pemanfaatan komputer untuk mensimulasikan atau memodelkan sesuatu pada dunia nyata.
e) Pemrosesan dokumen, merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang pemrosesan dokumen agar dapat lebih cepat penanganannya.
f) Pemrosesan sinyal digital, merupakan bidang ilmu yang mempelajari teknik manipulasi dari sinyal digital.

8. Aplikasi Komputer
     Bidang ilmu ini mempelajari tentang aplikasi komputer untuk diimplementasikan pada dunia nyata. Beberapa bidang ilmu aplikasi komputer adalah:
a) Pemrosesan data administrasi, merupakan bidang yang mempelajari tentang pemrosesan data administrasi suatu organisasi dengan menggunakan komputer. Termasuk di dalamnya pemrosesan data keuangan, sumber daya manusia, costumer relationship.
b) Perangkat lunak matematika, merupakan bidang yang mempelajari tentang penerapan aplikasi komputer untuk mendukung perhitungan dan kalkulasi matematika. Termasuk di dalamnya tentang analisa numerik, sistem aljabar, perhitungan fungsi, dll.
c) Perangkat lunak desain, merupakan bidang yang mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk desain, termasuk desain gedung, instalasi listrik, objek 3 dimensi, desain perangkat lunak, dll.
d) Robotika, merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengembangan robot untuk membantu kegiatan manusia.

0 Komentar:

Posting Komentar