Selasa, 16 September 2014

Anwari

Teknologi Informasi dan Komunikasi I

Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi


Teknologi Informasi yang sekarang disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology - ICT) adalah teknologi yang diperlukan untuk memproses informasi, maksudnya adalah digunakannya perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengirim, dan menerima informasi.

Informasi sendiri merupakan istilah yang memiliki banyak arti dan tergantung dari konteksnya, dapat sebagai pesan, pola, rangsangan panca indera, pengaruh untuk perubahan, dan properti fisik. Semua jenis informasi
itulah yang harus dapat diproses oleh teknologi informasi, contoh:
1. Sebagai pesan, teknologi informasi harus dapat mengirim dan menerima pesan. Pesan dapat berupa kata-kata, huruf, dan kode-kode lainnya. Model ini tersusun atas pengirim dan penerima pesan. Contoh aktivitas penggunaan informasi ini adalah chatting dan instant messaging.
2. Sebagai pola, teknologi informasi harus dapat mengenali pola informasi yang memiliki keteraturan untuk diterjemahkan menjadi data tertentu. Pola dapat berupa data biner, urutan kata, data angka. Contoh pengenalan pola sering digunakan pada metode statistik untuk meramalkan kejadian yang akan datang. Proses pengenalan pola data lebih banyak dipelajari pada bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence).
3. Sebagai rangsangan panca indera, teknologi informasi harus dapat berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan manusia. Hasil pemrosesan informasi sebagai rangsangan panca indera dapat berupa suara, display. Contohnya adalah pemrosesan file MP3 yang menghasilkan suara dengan nada teratur sehingga dapat didengarkan manusia.

     Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah mencapai masyarakat di seluruh penjuru dunia. Tujuan utama dari teknologi informasi dan komunikasi adalah agar setiap informasi yang dibutuhkan oleh manusia dapat disajikan dan dikirimkan dengan lebih cepat dan akurat. Informasi dapat berupa berita, data keuangan, percakapan, data penduduk. Dengan teknologi informasi semua ini akan dapat tersajikan dengan lebih cepat.

0 Komentar:

Posting Komentar