Sabtu, 02 November 2013

Anwari

Hirokazu Kanazawa

Karate : Biografi Hirokazu Kanazawa


Hirokazu Kanazawa, lahir di Jepang 3 Mei 1931, seseorang yang terkenal dengan master Shotokan Karate. Dia adalah murid dari Masatoshi Nakayama, dia menjabat sebagai Kepala Instruktur dan Presiden Shotokan Karate - Do International, setelah dia meninggalkan organisasi Japan Karate Association (JKA). Hirokazu Kanazawa memiliki peringkat Dan 10.

Awal Kehidupan
Hirokazu Kanazawa lahir pada 3 Mei 1931 di Jepang. Awalnya dia berlatih beladiri Judo dan memperoleh tingkatan Dan 2 dalam beladiri Judo. Sejak dia bersekolah di Universitas Takushoku dia mulai berlatih Karate dibawah bimbingan Masatoshi Nakayama, Hirokazu Kanazawa juga berlatih kepada Gichin Funokashi penemu Shotokan Karate. Selama kurang dari dua tahun Hirokazu Kanazawa memperoleh peringkat Dan 1, setelah tiga tahun dia mendapat peringkat Dan 2. Tahun 1956 setelah lulus dari Universitas Hirokazu Kanazawa ikut serta dalam JKA (Japan Karate Association), pada tahu yang sama Hirokazu Kanazawa memperoleh Dan 3. Pada tahun 1957 Hirokazu Kanazawa memenangkan kejuaraan Kumite, tahu yang sama tahun 1957 Hirokazu Kanazawa lulus dari Program Pelatihan Instruktur di JKA (Japan Karate Association).

Menyebarkan Shotokan Karate
Pada tahun 1961, Japan Karate Association mengirim Hirokazu Kanazawa ke Hawai untuk membentuk Sekolah Karate, dan pada saat itu Hirokazu Kanazawa memperoleh peringat Dan 5. Di Hawai dia mendirikan sebuah Dojo dan menjabat sebagai Presiden Perdana dari Kongres Karate Hawai. Pada Mei 1963 dia meninggalkan Hawai untuk pergi mengajar ke Eropa dan Jepang, kemudian pada tahun 1966 Hirokazu Kanazawa menjadi Kepala Instruktur di Karate Union of Great Britain lalu Japan Karate Association mempromosikan dia keperingkat Dan 6. Pada tahun 1973 Japan Karate Federation mempromosikan dia ke peringkat Dan 7.
Tahun 1977 Hirokazu Kanazawa meninggalkan Japan Karate Association dan mendirikan Shotokan Karate - Do International Federation (SKIF). Hirokazu Kanazawa selalu mendemonstrasikan Shotokan Karatenya.

Akhir
Hirokazu Kanazawa telah menulis beberapa buku tentang Karate, diantaranya :
1. Kankudai (1969)
2. Moving Zen : One man's journey to the heart  of Karate (2001)
3. Karate : Mylife (2003)
4. Karate Figting Techniques : The complete kumite (2004)
5. Black Belt Karate (2006)

International Martial Arts Federation mempromosikan Dan 8 pada tahun 1978, lalu Dan 9 pada tahun 1988, kemudian terakhir Dan 10 tahun 2001. Dalam oraganisasi Shotokan Karate - Do International Federation (SKIF) Hirokazu Kanazawa berpangkat Dan 8, dicapai pada tahun 1998.

0 Komentar:

Posting Komentar