Rabu, 24 April 2013

Anwari

Cairo Dock Ubuntu


Linux Ubuntu : Cairo Dock

Pengen desktop anda seperti gambar ini, OK, sebelum itu anda diwajibkan sholat tahajud, berikhtiar, minta ampunan pada Tuhan Yang Maha Esa,,,,,,hehehe :)))) .Just Kidding, OK aplikasi itu namanya Cairo-Dock yang terdapat pada Linux Ubuntu. Pada materi ini kita praktekan pada Linux Ubuntu 12.10. 




Cairo dock merupakan aplikasi launcher yang berfungsi sebagai shortcut aplikasi yang ada di komputer anda. Shortcut aplikasi tersebut dikemas dalam bentuk dock, dan juga anda daat menambahkan efek animasi. OK, daripada anda capek ngebayangin gimana kerennya efek animasi dari Cairo-Dock ini, langsung saja ikuti langkah berikut ini :

a) Install Cairo-Dock

Untuk menginstall cairo-dock pada Ubuntu 12.10 anda cukup buka Ubuntu Software Center, setelah itu search dengan mengetikkan “Cairo” (tanpa tanda petik), kemudian setelah anda temukan akan ada 2 pilihan, yaitu : GLX-Dock (With OpenGL) dan Cairo-Dock (no OpenGL). Terserah anda mau pilih yang mana, karena otomatis keduanya akan terinstall. Setelah terinstall secara otomatis akan muncul pada sidebar anda.
Setelah terdapat pada sidebar anda, klik icon tersebut maka secara otomatis Cairo-Dock akan muncul pada desktop anda.

b) Bermain Cairo-Dock
Yupzz, sebelum anda pingsan dan jatuh cinta langsung saja kita berkreasi.
- Mengatur Posisi Cairo-Dock
untuk mengatur posisi cairo-dock pertama – tama kita harus membuka jendela Cairo-Dock Configuration dengan cara Klik kanan pada icon Cairo-Dock yang terdapat pada Dock (seperti gambar), kemudian pilih cairo-dockConfigure, maka akan muncul jendela Cairo-Dock Configuration. Kemudian pilih tab Behaviour – pada Position on The Screen terdapat pilihan Bottom, Top, Right, Left (pilih salah satu), pilih posisi cairo-dock sesuka anda, kemudian klik Apply.


- Merubah Style View Cairo-Dock
kita akan merubah tampilan Cairo-Dock, caranya sama terdapat pada Cairo-Dock Configuration tetapi pada tabulasi berbeda. Pilih tab Appereancepada Views anda dapat memilh berbagai tampilan, pilih salah satu. Kalau sudah klik Apply.

- Merubah Style sub-Dock
masih pada tab Appereancepada Views anda dapat memilh berbagai tampilan, pilih salah satu. Kalau sudah klik Apply.

 
- Merubah Efek Cairo Dock
Saat anda menempatkan kursor anda pada icon – icon yang terdapat pada Cairo-Dock, icon-icon tersebut akan menampilkan efek - efek animasi, seperti efek Burb, Strom, Bounce, Rain, dan masih banyak lagi, OK ikuti langah berikut ini untuk menampilkan efek.
Caranya sama masih terdapat pada Cairo-Dock Configurationpilih tab Behaviourspada bagian Icons Animations and Effects inilah kita bisa membuat efek – efek animasi. Untuk menerapkan efek dan animasi pada saat mouse anda melewati icon terdapat pada on Mouse Hover dan untuk menerapkan saat anda mengklik icon pilih on Click.

- Kostumasi Cairo Dock
Pada bagian ini kita membahas cara mengganti background pada dock, caranya masih sama terdapat pada Cairo-Dock Configuration kemudian masuk ke Advance Mode klik menu Appearance kemudian pilih Background
Lihat pada bagian Image, klik Open dan cari gambar yang ingin anda gunakan, jika sudah klik OK.


- Fun Cairo-Dock
Anda ingin icon – icon Cairo-Dock anda loncat – loncat saat musik diputar, terus dikelilingi oleh TuX (Trovald's UniX) penguinnya Linux. OK langsung saja akses Configure Cairo-Dock (masih pada advance mode) – pilih fun kemudian centang Cairo-Penguin dan Impulse. Impulse akan berbentuk icon speaker pada Cairo-Dock, klik icon impulse pada Cairo-Dock lalu putarlah musik anda maka lihatlah yang terjadi.. :)) serukan.

1 Komentar:

nambahin pinguinnya jadi banyak bisa gak gan?

Posting Komentar